Beranda | Artikel
Cara Membiasakan Diri Shalat Malam – Syaikh Saad al-Khatslan #NasehatUlama
Jumat, 16 Agustus 2024

Cara Membiasakan Diri Shalat Malam – Syaikh Sa’ad al-Khatslan #NasehatUlama

Pertanyaan:

Bagaimana cara seorang muslim membiasakan diri untuk Salat Malam?

Jawaban:

Cara membiasakan dirinya untuk Salat Malam adalah: Pertama, dengan memberi perhatian besar terhadap ibadah ini. Memberi perhatian besar terhadapnya dan berusaha keras untuk mengerjakannya. Serta melakukan hal-hal yang dapat membantunya untuk melakukannya. Di antaranya adalah dengan tidur lebih awal, memasang alarm agar membangunkannya untuk Salat Malam, menghadirkan makna yang terkandung dalam Salat Malam, seperti pahala dan keutamaannya, serta mengingat bahwa Salat Malam adalah munajat kepada Allah ‘Azza wa Jalla, serta menghayati turunnya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagaimana sabda Nabi ‘alaihis shalatu wassalam, “Tuhan kita turun ke langit dunia…” —dengan turun yang sesuai dengan kemuliaan dan keagungan-Nya, tidak serupa dengan turunnya para makhluk— “Tuhan kita turun ke langit dunia saat malam tersisa sepertiga akhirnya… Lalu Allah berfirman, ‘Apakah ada yang berdoa untuk Aku kabulkan? Apakah ada yang meminta untuk Aku Beri?… Apakah ada yang meminta ampun untuk Aku ampuni?’ Dan ini terjadi setiap malam.”Hendaklah menghadirkan makna ini. Dengan demikian… apabila dia mendirikan Salat Malam dan membiasakan dirinya maka dirinya akan terbiasa melakukannya.

Di antara manfaat Salat Malam adalah dia akan mendirikan Salat Subuh berjamaah di masjid. Karena jika dia mendirikan Salat Malam di akhir malam, maka hampir pasti dia dapat mendirikan Salat Subuh berjamaah di masjid. Kalaulah manfaat Salat Malam hanya jaminan dapat Salat Subuh berjamaah di masjid, niscaya itu sudah cukup (menjadi motivasi). Apalagi jika dia Salat Malam, bisa mendapat rahmat Allah ‘Azza wa Jalla, dan mungkin juga doanya dikabulkan, yang dengannya Allah Ta’ala menetapkan kebaikan yang besar baginya.

====


Artikel asli: https://nasehat.net/cara-membiasakan-diri-shalat-malam-syaikh-saad-al-khatslan-nasehatulama/